Tutorial Cara Merakit Komputer PC yang Benar dan Kelebihannya

Komputer menjadi bagian terpenting dalam berbagai jenis pekerjaan. Dari kasir swalayan, pegawai kantoran hingga guru dan berbagai pelayanan umum, telah menggunakan komputer. Kebutuhan setiap orang akan komputer juga berbeda-beda. Inilah yang membuat banyak orang mencari tahu cara merakit komputer yang sesuai kebutuhannya.

Perkembangan zaman, globalisasi dan kebutuhan manusia yang semakin beragam menuntut produsen perangkat keras untuk menciptakan inovasi teknologi komputer yang mampu memenuhi tuntutan konsumen tersebut. Salah satunya dengan membiarkan konsumen merakit komputer sendiri.

Dari komputer khusus desain dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, hingga komputer khusus game atau permainan dengan kemampuan processor lebih canggih, dan masih banyak jenis komputer lainnya. Selain itu, para produsen perangkat keras juga menyediakan komponen lepas rakitan.

Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara merakit komputer PC sendiri, bisa menyimak artikel tutorial cara merakit komputer PC yang benar berikut ini.

Mengenal Komponen Komputer

Sebelum mulai merakit komputer sendiri, kalian harus tahu komponen apa saja yang ada pada komputer dan apa fungsinya. Secara umum, komponen komputer berupa layar monitor, CPU, keyboard dan mouse. Dari komponen tersebut, CPU berperan penting dalam menjalankan segala perintah dan aturan dalam rangkaian komponen lainnya.

Di dalam CPU sendiri, terdapat beragam komponen penting lain, seperti:

1. Motherboard merupakan bagian penting, dan berfungsi sebagai penghubung antara satu komponen komputer dengan komponen lain. Di dalam motherboard terdapat processor, sound card, video card, hard disk dan lain sebagainya.

2. Processor juga tak kalah pentingnya dengan motherboard. Processor berperan seperti otak, karena tanpanya, komputer tidak dapat bekerja, bahkan tidak akan menyala. Dalam dunia rakit merakit processor, processor sangat penting untuk menentukan kecepatan dan kemampuan pemrosesan data.

3. RAM (Random Access Memory), berperan sebagai tempat penampungan data sementara, sebelum dialirkan ke komponen-komponen lain. RAM juga mempengaruhi kecepatan pemrosesan data, sehingga sangat penting dalam merakit komputer sendiri.

4. Harddisk, CD/DVD ROM, VGA Card, Sound Card, dan Power Supply, menjadi komponen penting lain dalam CPU yang tak boleh ketinggalan.

Langkah Cara Merakit Komputer dari Dalam CPU

1. Langkah pertama cara merakit komputer PC sendiri ialah, menyiapkan segala komponen yang diperlukan. Dari komponen komputer seperti CPU, layar monitor dan lainnya.

2. Lalu, siapkan komponen dalam CPU, seperti motherboard, processor dan RAM sesuai kebutuhan, hard disk, dan komponen CPU lainnya. Siapkan juga obeng, skrup, baut dan pasta processor.

3. Setelah itu, pasang processor ke motherboard. Perhatikan tanda di pojok kiri bawah processor dan socket sebelum memasang processor.

4. Kemudian, lanjutkan dengan memasang kipas processor dengan mencocokkannya ke lubang motherboard. Bila sudah terpasang, jangan lupa menyambungkan kabel kipas ke motherboard.

5. Lanjutkan dengan memasang RAM. Pilih ukuran dan jenis RAM sesuai kebutuhan dan sesuaikan dengan kemampuan processor, agar komputer dapat beroperasi dengan maksimal.

6. Lalu, siapkan kerangka CPU dan lanjutkan langkah cara merakit komputer di bawah ini.

 

Langkah Cara Merakit Komputer, Pemasangan Komponen ke CPU

1. Bongkar kerangka CPU sampai tersisa kerangka luar, pasang I/O Shield yang diperoleh dari motherboard. Pasang di bagian belakang kerangka PC dan pastikan cocok dengan motherboard yang akan digunakan.

2. Setelah itu, pasangkan motherboard yang sudah lengkap dengan processor, RAM dan kipas. Cocokkan lubang baut dan kencangkan baut antara motherboard dengan kerangka CPU.

3. Kemudian, pasang Hard disk dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Pemasangan Hard disk menyesuaikan letak kerangka PC, ada yang perlu dibaut, dan ada juga rangka langsung tanpa perlu dibaut lagi.

4. Lalu, pasang Power Supply di bagian luar kerangka CPU, dan kencangkan bautnya.

5. Setelah semua terpasang, kini saatnya untuk menyambungkan kabel-kabel penting ke motherboard. Kabel yang pertama harus dipasang ialah Power 24-pin ATX.

6. Jangan lupa juga untuk memasang kabel Power 4-pin CPU yang berwarna kuning hitam. Lalu, pasangkan kabel SATA ke motherboard. Sambungkan ujung kabel SATA lainnya ke Hard disk.

7. Ambil kabel Power SATA dan sambungkan ke Hard disk. Lalu, pasang kipas CPU. Setelah itu, sambungkan kabel dari PPC ke motherboard sesuai petunjuk.

8. Terakhir, sambungkan kabel Front Panel ke motherboard. Jangan lupa ikuti petunjuk pemasangan di buku panduan agar lebih aman.

 

Kelebihan Merakit Komputer Sendiri

Merakit komputer PC tersendiri mungkin terasa sulit dan merepotkan. Walau begitu, tutorial cara merakit komputer PC sendiri ini memiliki banyak keuntungan, lho. Di antaranya berikut ini:

1. Lebih mudah menyesuaikan kemampuan komputer dengan kebutuhan.
2. Lebih mudah melakukan klaim garansi, karena bisa membeli komponen saja.
3. Mudah melakukan modifikasi dan upgrade komponen sesuai keinginan.
4. Dapat memilih sendiri spesifikasi komponen yang ingin digunakan.
5. Apabila terjadi kerusakan, komponen perangkat keras lebih mudah dibeli di pasaran.

Tidak ada salahnya merakit komputer sendiri, kan?